Minggu, 11 Desember 2016

MOBIL PICK-UP, MASIH BANYAK DIGUNAKAN ANGKUT ORANG


Pandaan - Sejak terjadi kecelakaan lalu lintas menimpa rombongan pick-up yang mengangkut dan menewaskan puluhan orang dijalur Pasuruan-Probolinggo beberapa tahun silam, Praktis pemerintah Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia melalui dinas terkait dan kepolisian membuat larangan penggunaan pick-up (mobil bak terbuka) untuk mengangkut orang.

Slamet Siswoyo (45), Salah seorang sopir pick-up mengatakan bahwa pengangkutan orang menggunakan bak terbuka menurutnya sangat efisien, Selain itu penumpang juga tak terlalu banyak mengeluarkan biaya walaupun resiko yang ditimbulkan juga cukup besar.

"Menurut saya cukup efisien jika menggunakan pick-up ini mas, Soalnya orang-orang juga tak mau keluar ongkos banyak, Selain itu juga bisa angkut banyak orang," kata Slamet, Minggu (11/12/2016).

Namun hal itu bertolak belakang terhadap keterangan yang diberikan oleh Amang Mulahela (58), Purnakarya Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan, Beliau menilai bahwa dengan pemberlakuan pemerintah tersebut dilanggar oleh banyak pengemudi mobil bak terbuka, Resiko kecelakaan pun juga cukup besar jika mobil bak terbuka digunakan untuk mengangkut orang.

"Wong aturan sudah jelas kok masih saja dilanggar, Padahal kecelakaan pun juga sering terjadi pada pick-up yang digunakan untuk mengangkut orang, Sudah pernah terjadi di Probolinggo kemarin juga belum menimbulkan efek jera bagi pengendara," terang Amang.

Larangan penggunaan mobil bak terbuka ini sudah berlaku di Kabupaten Pasuruan dan bahkan beberapa kota di Indonesia, Oleh karenanya pemberlakuan ini bersifat paten untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas pada penggunaan mobil bak terbuka yang digunakan mengangkut orang.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...