Senin, 21 September 2015

HARI JADI KABUPATEN PASURUAN KE-1086, DIMERIAHKAN OLEH KIRAB BUDAYA



Pandaan - Kegiatan hari jadi Kabupaten Pasuruan ke-1086 ini dilaksanakan dengan pagelaran Kirab Budaya dengan mengambil start di depan rumah makan Cianjur Pandaan dan finis di Taman Chandra Wilwatikta Pandaan pada Selasa (22/09/2015) siang.

Menurut kamus, Kirab merupakan perjalanan bersama-sama atau beriringan-iringan secara teratur dan berurutan, dari depan ke belakang pada suatu rangkaian upacara seperti adat, keagamaan, dll atau dapat juga disebut dengan pawai.

Sedangkan, Budaya berarti pikiran, budi pekerti, adat istiadat, yang sudah berkembang dan sesuatu yang sukar untuk diubah. Jadi, kirab budaya bisa diartikan sebagai pawai yang diadakan untuk memperkenalkan budaya-budaya yang ada di Indonesia.

Sudirnoto, Pakar Budaya asal Pasuruan mengatakan bahwa penyelenggaraan pesta hari jadi Kabupaten Pasuruan setiap tahunnya berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya, Dimana dari tahun ke tahun pelaksanaannya dilakukan inovasi sesuai dengan adat dan kultur masyarakat Kabupaten Pasuruan.

"Penyelenggaraan hari jadi Kabupaten Pasuruan ke-1086 kali ini berlangsung dan dipusatkan di Pandaan, Oleh karenanya temanya juga lebih banyak mengambil adat dan budaya yang ada di Pandaan juga," beber Sudirnoto.

Kirab budaya selalu diselengarakan di Kabupaten Pasuruan. Selain sebagai pengenalan budaya-budaya yang ada di Kabupaten Pasuruan, kirab budaya dapat membentuk karakter masyarakat agar mempunyai potensi seni dan kreativitas dalam mempertahankan sejarah maupun budaya di daerah Kabupaten Pasuruan.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...