Kamis, 17 September 2015

PASAR LOAK, TEMPAT FAVORIT PARA KOLEKTOR



Pasuruan - Dalam dunia mode kebutuhan hidup masyarakat berputar sesuai dengan perkembangan terbaru setiap harinya. Hal tersebut berlaku mulai dari kebutuhan primer, sekunder sampai tersier, Kebutuhan-kebutuhan tersebut juga tak jarang masyarakat bosan terhadap penggunaannya, Untuk itu para pedagang sangat jeli memanfaatkan kondisi tersebut dengan menjual beberapa barang yang sudah tidak digunakan oleh para masyarakat yang ingin menjualnya.

Oleh karenanya setiap daerah pasti terdapat sebuah tempat yang khusus menjual barang-barang bekas atau yang lebih populer dinamakan 'Pasar Loak'. Hampir di daerah di Indonesia mempunyai Pasar Loak. Tempat-tempat tersebut senantiasa menjadi 'jujugan' utama para kolektor untuk mencari barang-barang koleksinya. Banyak sekali aneka barang yang dijual di Pasar Loak. Mulai dari otomotif, elektronik, fashion, sampai kebutuhan rumah tangga.

Keberadaan pasar loak memang sangat membantu sekali dalam mencari kebutuhan. Harga yang ditawarkan pun terkadang jauh dari harga di pasaran, Namun kita harus jeli dalam tawar menawar barang yang terdapat di loakan.

Seperti Agus (56), Salah satu pedagang dan kolektor kaset pita bekas, Dirinya mengaku untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya ia bergantung dan berjualan kaset di Pasar Loak Pandaan, Dari hasil yang ia dapatkan juga sangat lumayan, Karena keberadaan kaset pita bekas saat ini sudah mulai langka dan jarang ada di pasaran.

"Alhamdulillah saya berjualan kaset bekas di pasar loak ini sampai sekarang saya masih dapat menghidupi keluarga, Oleh karenanya saya menjual barang yang mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi, Seperti kaset pita bekas saat ini sudah mulai jarang di pasaran dan diburu oleh para kolektor mas," terang Agus (17/09/2015)

Bagi sebagian besar masyarakat memang seakan gengsi jika mengunjungi pasar loak, Apalagi sampai membeli barang yang terdapat di sana. Reputasi pun akan dipertaruhkan untuk berkunjung kesana, Namun hal tersebut tidak berlaku sama sekali oleh para kolektor. Justru dengan adanya pasar loak maka dijadikan sarana mengkulak dan memborong barang dagangan yang masih dapat digunakan dan diperjualbelikan secara online yang akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda.

M. Imam Mahfudzi (40), Salah satu kolektor kaset pita bekas juga mengatakan bahwa dirinya mengaku hampir setiap hari ia berkunjung ke pasar loak demi mendapatkan barang yang mempunyai nilai jual yang sangat tinggi, Terutama barang-barang langka seperti kaset pita tersebut.

"Hampir setiap hari saya senantiasa ke Pasar Loak Pandaan ini, Tujuan saya awalnya iseng tapi lama kelamaan menjadi hobi dan dapat dijadikan sebagai pekerjaan sampingan dengan memburu barang-barang bekas berkualitas, Disamping saya juga mengkoleksi, Saya juga menjual barang-barang langka dan mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi," pungkas Imam.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...