Rabu, 15 November 2017

MASJID CHENG HOO PANDAAN, DESTINASI WISATA RELIGI TERFAVORIT JAWA TIMUR


Pandaan - Sejak diresmikan pada tanggal 27 Januari 2008 oleh Bupati Pasuruan kala itu Alm. H. Jusbakir Aldjufri SH, MM keberadaan Masjid Muhammad Cheng Hoo sampai saat ini menjadi salah satu tempat ibadah kebanggaan yang dimiliki oleh Kabupaten Pasuruan.

Masjid yang terletak di Jl. Raya Kasri Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan ini memiliki bangunan yang unik dari masjid yang lain. Beronamen China menjadikan masjid ini menjadi salah satu icon dan daya tarik tersendiri sekaligus menjadi sarana ibadah dan tempat wisata bagi pengunjung luar kota.

Peletakan batu pertama pembangunan masjid ini dilakukan tokoh Nahdlatul Ulama’ sekaligus Presiden ke-4 Republik Indonesia Alm. KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada tanggal 30 Mei 2004 yang sebelumnya merupakan lahan kosong milik PT. Perhutani yang kemudian dikelola menjadi Masjid dengan menelan biaya ± Rp. 3,2 Milyar.

Menurut Hariyanto (31), Salah satu takmir masjid sekaligus petugas parkir mengatakan bahwa Masjid Cheng Hoo setiap harinya selalu dipadati oleh pengunjung, Baik warga Pandaan sendiri maupun pengunjung dari luar kota datang untuk melaksanakan ibadah, Tak lupa sesembari dari pengunjung juga kerap mengabadikan momen pengambilan gambar.

“Setiap hari disini selalu ramai dipadati pleh pengunjung, Puncaknya di hari Sabtu-Minggu. Beberapa pengunjung yang datang dari luar kota pun tak luput untuk berhenti disini melaksanakan ibadah, Yang paling banyak itu rombongan bus dari sekolah atau perkumpulan,” terang Hariyanto.

Masjid ini dibangun di atas tanah seluas 6.000 m² dengan luas bangunan 550 m². Masjid ini memiliki dua lantai, Lantai bawah memiliki luas 529 m² sebagai tempat serbaguna yang digunakan sebagai perpustakaan, prosesi akad nikah dan acara ceremonial religi lainnya.

Disekitar masjid juga dibangun sentra oleh-oleh yang dahulu adalah mayoritas eks. Pedagang pasar buah Pandaan yang di relokasi kearah belakang masjid, Selain itu revitalisasi UPTD Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan pun juga dilakukan sebagai harmonisasi ornamen masjid sekaligus kompleks Pasar buah juga dibuat berarsitektur China agar tampak serasi dengan ornamen masjid.

Maka dari itu tak berlebihan jika Masjid Muhammad Cheng Hoo ini dinobatkan sebagai destinasi wisata religi terfavorit Jawa Timur yang dimiliki oleh Kabupaten Pasuruan karena letaknya yang memang sangat strategis berada ditengah-tengah jalur wisata Malang, Surabaya, Trawas dan Prigen.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)
Photografer By Drone : Kanjeng Puji (Adventure Arial Video)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...