Minggu, 13 November 2016

SELAMATAN DESA PANDAAN, GELAR KIRAB ANCAK KELILING


Pandaan - Di bulan Safar ini ada sesuatu yang berbeda di Kelurahan Pandaan, Setelah absen puluhan tahun kali ini Kelurahan Pandaan menggelar selamatan desa yang rencananya akan dilangsungkan serentak selama 2 hari berturut-turut pada 18-19 November 2016 di Pendopo Kelurahan Pandaan

Kegiatan selamatan desa ini didukung oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan dan juga melibatkan masyarakat se-Kelurahan Pandaan termasuk pemuda dan Ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga se-Kelurahan Pandaan.

Machmud, SH, Lurah Pandaan mengatakan bahwa acara selamatan desa ini dijadwalkan akan ada beberapa serangkaian kegiatan, Dihari pertama akan digelar Khataman Al-Qur'an dan Istigotsah serta Sholawatan yang diiringi dengan Albanjari, Sedangkan dihari yang kedua akan digelar Kirab Ancak dan Parade Drum Band serta Hiburan Wayang Kulit dengan Dalang Ki Tanoyo.

"Nantinya akan ada beberapa kegiatan yang akan berlangsung selama 2 hari itu, yang pertama Khataman Al-Qur'an dan Istigotsah serta Sholawatan yang diiringi dengan Albanjari, Sedangkan dihari yang kedua akan digelar Kirab Ancak dan Parade Drum Band serta Hiburan Wayang Kulit dengan Dalang Ki Tanoyo," terang Mahmud dihubungi via ponsel, Minggu (13/11/2016) pagi.

Lebih lanjut ia menjelaskan khusus untuk Kirab Ancak akan dilangsungkan mengelilingi Kelurahan Pandaan dan mengunjungi beberapa sesepuh Pandaan yang telah wafat, Rute yang dijadwalkan start di Lapangan Plumbon masuk Jl. Pepaya lurus melewati Jl. Sidomukti keluar Jl. Urip Sumoharjo melewati Simpang Empat (Perempatan Pandaan) dan berbelok menuju Jl. Pahlawan Sunaryo. Setelah di Simpang Tiga Turus berbelok kiri menuju Jl. Pesantren keluar melewati Jl. Urip Sumoharjo dan finish di Pendopo Kelurahan Pandaan.

"Untuk kirab nantinya akan dilakukan mengelilingi wilayah se-Kelurahan Pandaan yang start dimulai di Lapangan Plumbon dan finish di Pendopo Kelurahan lagi, Dan juga yang paling utama kita nanti bersama-sama akan mengunjungi makam sesepuh Pandaan seperti Mbah Pandak yang makamnya berlokasi di Makam Kampung Baru Lingkungan Turus," jelas Machmud.

Diharapkan nantinya kegiatan selamatan desa ini akan diperingati setiap tahunnya dan menjadi suasana yang berbeda dan berkesan bagi warga dan masyarakat Pandaan setelah beberapa tahun absen dalam menggelar kegiatan selamatan desa.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...