Minggu, 16 Oktober 2016

ABDUL KHAMID, PENJUAL BIPANG DAN TING-TING JAHE YANG UNIK


Pandaan - Abdul Khamid begitu nama lengkap beliau yang merupakan kakek penjual makanan 'Bipang (Jipang)' legendaris keliling asal Kota Pasuruan yang mempunyai ciri khas dengan menjajakan barang dagangannya dengan model parikan (pantun).

'Jipang Kurpuk, Anti Mabuk' begitulah salah satu jargon yang beliau bunyikan ketika menjajakan barang dagangannya di Car Free Day Pandaan yang berlangsung pada Minggu, 16 Oktober 2016 pagi.

Pakdhe Khamid, begitu ia dipanggil menjual jipang (bipang, red) keliling disekitar Pandaan sudah sejak puluhan tahun yang lalu, Banyak sekali masyarakat yang tak asing dengan slogan-slogan yang ia bunyikan ketika berjualan melalui parikan (pantun).

Di usia yang sudah mencapai 80 tahun tersebut juga tak menghalangi semangat beliau dalam berjualan, jipang (bipang) yang beliau jual bermerk 'jangkar' dan ting-ting jahe yang merupakan makanan tersohor di Pasuruan.

Beliau mengatakan bahwa dengan menjual jipang (bipang) dan ting-ting jahe menggunakan parikan (pantun) mempunyai daya tarik tersendiri baginya. Banyak orang mengenal beliau melalui pantun-pantun yang ia bunyikan ketika berjualan.

"Saya sudah sejak puluhan tahun lalu berjualan dengan model parikan seperti ini, Alhamdulillah setiap hari untung yang saya peroleh cukup lumayan banyak untuk menyambung hidup," kata Khamid, Minggu (16/10/2016) pagi.

Setiap hari beliau berkeliling di sekitar Pasuruan dan Pandaan menjajakan barang dagangannya dengan parikan (pantun) lucu yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pembeli yang mendengarnya.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)
Photografer : Riski (Sketsa Pandaan)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...