Senin, 10 Oktober 2016

TERSUMBAT SAMPAH, WARGA DESA GLAGAHSARI LAKUKAN BERSIH-BERSIH SUNGAI


Sukorejo - Berdasarkan data Badan Meteorologi dan Klimatologi, Bulan Oktober 2016 wilayah Pasuruan telah memasuki musim penghujan dengan curah hujan 50 - 100 mm.

Cuaca dengan curah hujan tersebut memiliki potensi hujan deras dan berakibat meluapnya volume sungai di beberapa wilayah di Kabupaten Pasuruan.

Dalam Upaya menghadapi musibah banjir akibat meningkatnya volume sungai, Masyarakat Desa Glagasari, Kecamatan Sukorejo menggelar grebeg sampah sungai pada Minggu, 09 Oktober 2016 kemarin.

Grebeg sampah sungai dilakukan di Sungai Dusun Palang yang terletak di perbatasan antara Desa Lemahbang dan Desa Glagahsari. Ikut serta dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Glagasari Pratika Hidayat mengatakan bahwa banyaknya sampah yang menumpuk di sungai tersebut kemungkinan karena banjir kiriman dari Desa Pakukerto.

"Sepertinya sampah-sampah yang mengotori sampah di wilayah perbatasan ini adalah kiriman banjir dari arah Desa Pakukerto," kata Kades Glagahsari Hidayat, Senin (10/10/2016) pagi.

Kegiatan atas peran serta Pemerintah Desa, Pemuda Karang Taruna dan Masyarakat setempat ini mampu memindahkan tumpukan sampah yang tersangkut di sungai. Diharapkan aliran sungai akan lancar dan masyarakat terhindar dari bencana banjir.

Fatony, Ketua Forum Komunikasi Pedulu Lingkungan (FKPL) Kabupaten Pasuruan menerangkan memang dibutuhkan kesadaran lebih dari masyarakat untuk menjaga kebersihan aliran sungai, baik dari hulu hingga ke hilir agar aliran sungai lancar tanpa kendala sesuai dengan program FKPL 'Save on the River'.

"Kesadaran masyarakatlah yang memang kita butuhkan untuk menjaga sungai agar tetap bersih dari hulu hingga hilir dan merealisasikan program FKPL 'Save On The River', terang Toni.

Berbagai upaya dilakukan oleh masyarakat dalam menghadapi musim penghujan. Hal itu membuktikan bahwa masyarakat tidak ingin mengalami bencana banjir yang tentunya merugikan. Dengan menjaga kelestarian alam dan lingkungan, maka manusia telah melakukan upaya pencegahan dari bahaya bencana alam.

Jurnalis : Mokhammad Sofyan (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...