Rabu, 18 Mei 2016

COBAN NGEONG, WISATA ALAM YANG INDAH DAN BELUM TERJAMAH



Prigen - Dari sejumlah kawasan wisata yang ada di Kabupaten Pasuruan yang paling banyak digemari masyarakat adalah air terjun, Air terjun yang terdapat di Kabupaten Pasuruan sangat banyak jumlahnya. Saat ini yang dikelola sudah mencapai ratusan dan banyak dikunjungi oleh wisatawan sebut saja, Air Terjun Kakek Bodo Tretes, Air Terjun Coban Baung Purwosari, dan lain-lain.

Namun ada beberapa air terjun yang 'nasib' nya kurang beruntung, Seperti sebuah air terjun di kawasan Dusun Brubuh, Desa Sukoreno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Air terjun yang terlihat alami dari kejauhan seolah 'mangkrak' tak terurus, Lantaran akses menuju ketempat tersebut sangatlah susah. Sebenarnya keinginan warga Dusun Brubuh mengelola air terjun tersebut, Lagi-lagi infrastrukturlah yang kurang mendukung untuk menuju lokasi tersebut.

Panji (26) warga Dusun Pakel, Desa Sukoreno, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa sebenarnya alam Desa Sukoreno sangatlah indah tak kalah dengan Tretes, Batu, Trawas atau daerah wisata pegunungan yang lain. Rata-rata memang daerah pegunungan didominasi dengan keberadaan air terjun. Namun sayang lokasi air terjun yang kebanyakan orang menyebut 'Coban Ngeong' ini tak mendapatkan perhatian.

"Sayang sekali memang mas Coban Ngeong ini tak mendapatkan perhatian lantaran infrastruktur dan akses menuju kesana kurang mendukung, Sebenarnya kami dari warga desa sudah berupaya untuk mengelola, Namun masih terkendala anggaran untuk itu. kami harap ada dorongan dari dinas terkait untuk merealisasikan pembangunan aksesnya." terang Panji, Rabu (18/05/2016).

Sampai sejauh ini memang keberadaan air terjun tersebut jarang sekali dihampiri, Selain akses dan infrastrukturnya yang kurang memadai juga medan untuk menuju kesana sangat berbahaya, Harus melewati tebing-tebing yang curam. Untuk menikmati keindahan panorama air terjun ini, Maka pengunjung dihimbau untuk berhati-hati dan mencari petunjuk kepada penduduk sekitar.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)
Photografer : M. Fariadi (Pandaan Photography Ponsel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...