Jumat, 13 Mei 2016

KONVEKSI SEMPURNA, IKM YANG LAYANI HINGGA LUAR PULAU



Pandaan - Usaha konveksi merupakan salah satu jenis usaha yang tidak pernah mati sampai kapan pun. Sebab, produk konveksi selalu dibutuhkan oleh manusia mulai dari kecil hingga dewasa bahkan orang tua sekali pun.

Karena menjadi salah satu bahan dasar kebutuhan sehari-hari. Namun, karena usaha konveksi memiliki peluang tinggi maka sangat wajar jika banyak orang yang memilih jenis usaha ini juga.

Hal tersebut menjadi salah satu dorongan H. Nasrullah, Pemilik konveksi Sempurna yang terletak di Perumahan Kebonwaris I, Desa Kebonwaris, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan ini yang tentu membuat persaingan bisnis semakin kuat diantara pengusaha konveksi yang lain.

Saat ditemui, Jum'at 13 Mei 2016 pagi beliau menjelaskan bahwa bisnis konveksi yang ia jalankan ini sudah berjalan sejak 20 tahun terakhir atau tepatnya ditahun 1990-an, Berawal dari bisnis yang dirintis oleh mertuanya yang dikala itu masih berlokasi di Gg. Podorukun, Kelurahan Pandaan, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan dan semakin hari semakin berkembang dengan pesat, Kini ia membuka usahanya di Perumahan Kebonwaris karena dilokasi yang lama sudah tak memungkinkan lagi untuk ditempati.

"Bisnis ini sudah ada sejak tahun 1990-an yang kala itu masih berlokasi di Gg. Podorukun Pandaan, Beberapa tahun yang lalu kami pindah karena disana sudah overload dan tidak cukup untuk menampung seluruh bahan kain dan mesin," terang Haji Nas sapaan akrabnya.

Pesanan yang beliau kerjakan datang dari berbagai macam daerah, Bahkan ada juga order dari luar pulau seperti Bali dan NTT, Setiap harinya ia mampu memproduksi ratusan kemeja pesanan dari beberapa instansi, lembaga, pondok pesantren, komunitas, hingga partai politik.

Beliau juga mengaku bahwa ketika musim menjelang kampanye partai politik, Konveksinya selalu dibanjiri oleh pesanan dari beberapa partai politik, H. Nasrullah mengaku pesanan segala macam kaos dan baju plus atribut untuk kegiatan caleg dan partai politik, mulai melimpah sejak awal musim kampanye.

"Alhamdulillah jika musim kampanye berlangsung merupakan berkah tersendiri bagi kami, Sampai terkadang ada yang kami tolak karena order terlalu banyak," ujarnya.

Hingga sejauh ini Konveksi Sempurna Pandaan mengalami perkembangan yang cukup pesat, Setiap harinya senantiasa pesanan selalu datang dari berbagai kalangan dan menjadi salah satu pendongkrak pertumbuhan Industri Kecil Menengah (IKM) melalui bisnis ekonomi kreatif di Kabupaten Pasuruan.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)
Photografer : Riski (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...