Rabu, 16 Desember 2015

PASAR WISATA CHENG HOO, WAJAH BARU PASAR BUAH PANDAAN



Pandaan - Kabupaten Pasuruan kembali mempunyai wajah baru dalam sektor pariwisata dan perdagangan, Lagi-lagi Pandaan yang menjadi sorotan publik karena sudah berhasil menjadi buah bibir oleh sektor wisata dan perdagangannya.

Masjid Muhammad Cheng Hoo yang terletak di Jl. Ahmad Yani Pandaan (berhadapan dengan Pos Lantas Polsek Pandaan) menjadi salah satu akses tujuan wisatawan domestik yang wajib dikunjungi, Setiap minggunya ribuan pengunjung dari berbagai kota singgah di tempat ini.

Hali, Ketua Paguyuban Pedagang Kaki Lima dan Asongan Kecamatan Pandaan (PPKLAP) mengatakan bahwa sebelumnya di kawasan ini adalah pasar buah yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu, Letaknya berdampingan dengan Gedung Dekopinda Kabupaten Pasuruan.

"Pedagang dari pasar wisata itu merupakan pedagang pasar buah yang lokasinya memang bersebelahan dengan gedung Dekopinda Kabupaten Pasuruan," terang Hali (16/12/2015)

Seiring dengan perkembangan wisata di Pandaan dengan dibangunnya Masjid Cheng Hoo tepat di sebelah Pasar Buah Pandaan tersebut dibangunlah pasar wisata yang dahulu merupakan lahan milik PT. Perhutani dan dilakukan pembebasan oleh pemerintah daerah, Melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan akhirnya merelokasi pedagang dan menyatukan ornamen bangunan persis seperti Masjid Muhammad Cheng Hoo.

Launching Pasar Wisata ini sudah dilakukan sejak setahun yang lalu dengan menghadirkan festival durian gratis khas Pasuruan yang digagas oleh Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, S.E, M.MA.

Dengan upaya relokasi dan merubah wujud pasar buah menjadi pasar wisata, Diharapkan nanti akan meningkatkan pendapatan asli daerah,

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)
Photografer : Riski (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...