Rabu, 11 November 2015

REKAM JEJAK SKETSA PANDAAN, KOMUNITAS INFORMASI DI PANDAAN



Pandaan - Sketsa Pandaan merupakan Kelompok Informasi Masyarakat yang dibina oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan lahir dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat pada tanggal 18 September 2014 tepat pada hari jadi Kabupaten Pasuruan yang ke-1085 pada tahun lalu yang sampai saat ini sudah berusia satu tahun lebih perjalanan dari Sketsa  Pandaan.

Komunitas ini didirikan dengan tujuan membantu akses dan membuka jendela informasi di wilayah Kecamatan Pandaan dan Sekitarnya bergerak dalam bidang komunikasi dan informasi sosial kemasyarakatan dengan tugas dan fungsi mengumpulkan informasi, mengelola informasi, menyebarluaskan informasi serta melayani kebutuhan informasi yang digawangi oleh beberapa pemuda dan pemudi di lingkungan Kelurahan Pandaan dan Kelurahan Jogosari.

Di era kebebasan bermedia saat ini mempunyai peran yang penting dan dibutuhkan masyarakat dalam mempercepat akses komunikasi dan informasi untuk menunjang kebutuhan kehidupan. Disekitar kita tentu banyak yang memberikan manfaat atau banyak potensi yang terkandung di dalamnya dan berusaha kami tuangkan dalam suatu informasi/berita yang sekiranya dapat berguna kepada masyarakat.

Struktur organisasi yang terdapat di Sketsa Pandaan terdiri dari Ketua Umum, Sekretaris Umum, Bendahara Umum dan Beberapa Ketua Bidang, Diantaranya adalah Bidang Pengumpulan Informasi, Bidang Pengelolaan Informasi, Bidang Penyebarluasan dan Pelayanan Informasi serta Bidang Musik, Pariwisata dan Wirausaha. Base Camp/Sekretariat komunitas ini dinamakan 'Gubug Sketsa' yang beralamat di Jl. Urip Sumoharjo 297 RT 003 RW 003, Kelurahan Pandaan, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur 67156.

Makna dan warna logo Sketsa Pandaan secara umum merujuk pada pengertian Sketsa yang diartikan sebuah gambaran kasar dari kacamata kehidupan sekitar kita, Ketika melihat disitulah kita potret dan kita tulis sebagai suatu berita yang diteruskan kepada masyarakat dan bermanfaat sebagai informasi publik tentunya dengan fungsi kontrol dan mematuhi kode etik jurnalistik.

Adapun beberapa warna dasar yang terdiri dari Merah, Putih dan Hitam yang kami gunakan pada dresscode Sketsa Pandaan, Beberapa warna tersebut memuat aspek kehidupan sesuai tugas dan fungsi pokok organisasi yang mengandung arti sebagai berikut :

Pertama, warna merah pada huruf Sketsa merupakan bentuk keberanian dalam mencari informasi, mengelola informasi, menyebarluaskan informasi serta melayani kebutuhan informasi di masyarakat dan terjun secara langsung terhadap lingkungan bagaimana kondisi kehidupan sekitar kita.

Kedua, warna putih pada background melambangkan kenetralan atau kedamaian dalam bentuk kertas berwarna putih. Kertas adalah sebuah media alam kehidupan sekitar kita yang digunakan untuk menulis, saling bertukar dan memberikan informasi yang bermanfaat kepada lapisan masyarakat.

Ketiga, warna hitam dan arti pensil dan Pandaan melambangkan kebutuhan sebuah 'Citizen Journalism' adalah alat tulis. Dengan apa yang kita lihat di sekitar kita, kita dapat menulis suatu pemberitaan yang berguna kepada masyarakat, serta kekuatan dalam menyampaikan suatu informasi yang nyata kepada masyarakat.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...