Senin, 28 September 2015

SUGAR GLIDER, HEWAN EXOTIS YANG MENGGEMASKAN


Pandaan - Sugar glider merupakan hewan yang sangat imut, menggemaskan, lucu dan pintar, tidak heran sekarang banyak orang menginginkan adopsi hewan mungil tersebut.

Sugar glider bukanlah hewan pengerat, mereka adalah marsupial dari keluarga mamalia seperti kangguru, dan koala.

Hewan ini pantas untuk semua usia sebagai hewan peliharaan, bisa untuk anak usia 6 tahun dan lebih tua, akan tetapi untuk anak-anak harus selalu ada pengawasan orang dewasa.

M. Choirul Anam (17), Pemilik Sugar glider mengatakan bahwa mempunyai potensi lebih besar untuk bonding (ikatan) dengan pemilik dari pada gerbil atau hamster, mempertimbangkan usia sugar glider untuk mulai dipelihara.

"Ikatan batin yang dimiliki sugar glider sangat kuat, Mempertimbangkan usia hewan itu sangatlah penting untuk dipelihara, Karena jika sudah terlalu tua hewan ini tak lagi enerjik," terang Anam kepada Sketsa Pandaan.

Habitat asli sugar glider di Australia dan Papua, Mereka hewan sosial dan hidup berkelompok 10 hingga 15 ekor, membuat proses ikatan dengan manusia sangat alami sebagai hewan peliharaan.

Masa hidup sugar glider adalah kurang lebih antara 12 sampai 15 tahun, Hal yang paling disukai dari hewan ini adalah dapat dibawa kemana-mana dengan bonding pouch untuk berlibur.

Lanjut menurut Anam, Sugar glider mempunyai sifat loyalitas yang tinggi, sehingga apabila dia diberikan ke orang lain terkadang akan menggigit, ukurannya yang kecil tetapi dia pintar bisa mengingat, dia bisa datang kepada anda bila anda panggil dan bisa di biasakan suatu trik.

"Sugar glider merupakan hewan yang berloyalitas, Jika tidak mengenal orang lain ia akan menggigit dan sebaliknya jika ia sudah mengenal orang itu maka ia tak akan melepas tangannya," ujar Anam.

Hewan tersebut bebas dari penyakit, sehingga tidak perlu memvaksin secara rutin seperti kucing dan anjing dan juga jangan khawatir anggaran pengeluaran akan membengkak memelihara sugar glider.

Cukup merogoh kocek sedikit rupiah untuk membeli bubur bayi dan buah atau serangga. Sugar Glider adalah hewan yang juga bersih tidak perlu pergi salon hewan untuk membersihkannya, mereka bisa menggroming dirinya sendiri, atau dengan mengusapnya dengan tissu basah non alkohol.

Satu hal yang harus diketahui, sugar glider tidak bisa 'toilet training', tapi juga jangan khawatir mereka tidak akan membuang air kecil/besar di tempat tidur mereka, kecuali memasukannya ke dalam bonding pouch yang tertutup erat.

Siklus buang air sekitar 4 sampai 5 jam biasanya dilakukan setelah tidur panjang, untuk menghindari 'kecelakaan', setelah itu ambil sugar glider taruh dulu di tempat aman, biarakan dia 'meringankan diri' dan setelah selesai silakan ambil ajak bermain.

Sugar gilder juga tidak mempunyai keinginan untuk mengasah gigi, seperti yang dilakukan kelinci, tikus dan hamster, karena hamster mempunyai siklus tumbuh gigi berkelanjutan menimbulkan keinginan untuk mengasah/menggigit sesuatu.

Ssugar glider tidak menjadi masalah dirumah, mereka tidak ada naluri untuk mengasah giginya dengan cara menggigit sesuatu seperti hamster, furniture dirumah akan aman jika sugar glider di bebaskan di rumah.

"Tidaklah sulit dalam memelihara hewan ini, Memeliharanya pun juga tak banyak merogoh kocek, cukup dengan membeli bubur, buah atau serangga adalah makanan dari hewan ini. Suger glider pun juga tak pernah mengasah giginya yang nantinya akan menimbulkan keinginan untuk menggigit, Kesukaan hewan ini biarkan dia melompat-lompat dirumah dengan begitu pertumbuhannya akan lebih baik." pungkas Anam.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...