Selasa, 29 September 2015

AIR TERJUN CANGGU, ALIRI PERTANIAN HINGGA PASURUAN



Mojokerto - Air terjun sebenarnya adalah aliran sungai, hanya saja aliran sungai itu jatuh dari tempat yang tinggi, sehingga terlihat bentuk air yang jatuh.

Fungsinya pada bidang pertanian terutama untuk lahan sawah, tentu saja mengikuti fungsi aliran sungai untuk pertanian.

Lutfiatus Solicha, Wakil Ketua Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kabupaten Pasuruan menerangkan bahwa fungsi dan peran aliran sungai pada bidang pertanian adalah sebagai sumber irigasi, dimana fungsi tersebut akan semakin optimal jika memiliki aliran yang deras.

"Manfaat air terjun sangat banyak sekali, Seperti air terjun canggu ini, selain sebagai aliran sungai untuk pertanian yang turun ke daerah Lumbangrejo, Prigen, Pasuruan air terjun ini juga menjadi salah satu destinasi wisata yang dimiliki Kabupaten Mojokerto yang disekitarnya juga terdapat air panas," terang Upik sapaan akrabnya kepada Sketsa Pandaan (29/09/2015).

Air terjun membuat aliran sungai menjadi lebih deras, sehingga irigasi yang bersumber dari aliran sungai yang memiliki air terjun akan semakin baik.

Selain itu aliran airnya juga dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin sebagai pembangkit tenaga listrik, daya listrik yang dihasilkan dapat dipergunakan untuk keperluan sumber daya listrik pada kegiatan pertanian di sekitarnya.

Lebih lanjut Upik mengharapkan bahwa air terjun yang dijadikan lokasi pariwisata, dihimbau untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya, karena air yang mengalir tersebut berfungsi untuk mengairi sawah masyarakat di sekitar lokasi tersebut.

"Saya berharap nantinya pengelola dan pengunjung turut menjaga kelestarian serta kebersihan yang berada di lokasi pariwisata, Karena kita tahu bahwa meskipun lokasi air terjun canggu ini berada di wilayah Kabupaten Mojokerto, Namun aliran airnya turun ke daerah Pasuruan, Jika dari atas tidak dilakukan pelestarian alam berupa menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah secara sembarang, Nanti pastinya yang di Pasuruan juga terkena imbasnya," pungkas Upik.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...