Sabtu, 26 September 2015

PANDE BESI PESANTREN, KERAJINAN TANGAN LEGENDARIS PANDAAN


Pandaan - Secara umum semua orang tidak asing lagi ketika mendengar kata 'Pande'. Memande berasal dari kata pande yang diartikan cara membuat alat dari logam, besi, emas atau perak.

Pande besi Pandaan terletak di Lingkungan Pesantren, Kelurahan Pandaan, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Kerajinan tersebut ada sejak puluhan tahun yang lalu dan bertahan sampai sekarang.

Abdul Qodir, Pengrajin besi pande mengatakan cara kerja dari kerajinan tersebut adalah dilakukan dengan 4 orang, Dengan rincian 3 orang memukul besi sampai membentuk besi tersebut menjadi sebuah alat dan 1 orang bertugas memberikan angin,

Angin dihasilkan dari sebuah bambu yang berbentuk lingkaran berukuran besar yang di dalamnya terdapat klep dan tongkat untuk menghasilkan angin.

Ketika sudah mulai keras besi tersebut dipanaskan lagi pada sebuah kompor yang dikasih arang untuk melunakkan besi tersebut agar mudah untuk dibentuk.

"Sangat sukar sekali membentuk sebuah besi itu, Apalagi proses memande juga sangat lama, Sebenarnya hasilnya tak sebanding dengan tenaga yang dikeluarkan, Saat ini kita juga kalah dengan beberapa perusahaan yang sudah menggunakan cara modern untuk memande," terang Qodir

Kerajinan tersebut merupakan salah satu kerajinan tangan langka yang sangat sukar dilakukan. Tidak banyak orang yang dapat melakukan kegiatan ini. Karena jika tidak tahu teknis atau cara melakukan pande akan berakibat cidera pada orang yang melakukan.

Meskipun begitu kerajinan ini tetap bertahan dan menjadi salah satu satu-satunya kerajinan besi yang dimiliki Pandaan.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)
Photografer : M. Misbakhul Munir (Sketsa Pandaan)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...