Kamis, 16 Juli 2015

KAMPUNG SEJO, DUSUN PERCONTOHAN SENI BUDAYA PASURUAN



Gempol - Suatu kebiasaan berprilaku dalam bermasyarakat tanpa kita sadari termasuk melakukan aktivitas berbudaya. Budaya yang berkembang di masyarakat sering dikaitkan dengan zaman masa lampau atau tempoe doeloe, Budaya lahir dari adat kebiasaan dan berprilaku untuk lebih baik setiap hari.

Sketsa Pandaan bersama dengan Pandaan Photography Ponsel (3P) mengunjungi kawasan yang unik bernama Kampung Sejo, tepatnya di Gang Batavia, Dusun Sejo, Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Di kampung tersebut, Pada pintu gerbang sebelah barat kita dapat melihat lukisan-lukisan yang tercoret di dinding hasil karya-karya dari pecinta seni salah satunya dari SMA Negeri 1 Pandaan dan beberapa perusahaan yang menghiasi tembok hasil mural yang digelar oleh Kampung Sejo.

Yudi, Ketua adat (sebutan Ketua RT, red) setempat mengatakan bahwa perkembangan daerah ini menjadi daerah yang mempunyai nilai seni tidak terlepas dari seniman Jupri Abdullah, Dari situlah warga banyak belajar, berdialog dan berdiskusi hingga yang tadinya daerah tersebut biasa saja sampai dapat menampilkan sebuah karakter budaya di masyarakat sekitar sehingga menjadi sebuah 'brand' dan daya tarik masyarakat yang berkunjung.

"Yang membawa pengaruh yang sangat kuat adalah Pak Jupri Abdullah, Beliau yang menggagas semua ini, Sebelumnya disini biasa-biasa saja, Tetapi sekarang mulai banyak orang yang berkunjung kesini walaupun hanya sekedar foto-foto saja," terang Yudi.

Di Kampung Sejo terdapat keunikan yaitu disetiap rumah di hiasi dengan ornamen lukisan dan karya-karya seni budaya yang mempunyai nilai yang sangat tinggi. Kerapkali yang terlihat warga sekitar beberapa pengunjung datang hanya untuk melepaskan penat dan beristirahat dari perjalanan dan berfoto disekitar dinding pintu masuk kawasan itu.

Tak jarang juga Kampung Sejo selalu mendapatkan kesempatan untuk mengisi acara, Salah satunya pada 11 Juni 2015 lalu mengisi acara Padang Bulan Seni dan Tari yang diselenggarakan di Candi Jawi Prigen Pasuruan.

Secara geografis, Dusun Sejo terletak di wilayah Desa Karangrejo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan yang terdiri dari 4 Rukun Tetangga (RT) dan yang mempunyai pusat/central aktivitas seni dan budaya di RT 2 dan RT 3.

Perkembangan dari daerah ini sangat menarik perhatian publik terutama karya seni yang ditampilkan melalui mural. Produk-produk yang dihasilkan pun juga cukup beragam dari lampion hingga kanvas yang dinamakan 'Kabuse'.

Kabuse merupakan sebuah singkatan dari Kampung Budaya Sejo. Daerah ini pun menjadi salah satu acuan komunitas kesenian dari luar untuk berlatih karawitan dan mempelajari beberapa budaya yang ada di Kabupaten Pasuruan.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)

1 komentar:

  1. Terima kasih sudah singgah di kampung kami,,
    terima kasih apresianya

    BalasHapus

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...