Kamis, 16 Juli 2015

COBAN BINANGUN, DESTINASI WISATA ALAM PANDAAN

Pandaan - Pesona keindahan alam sekitar kita memang patut kita banggakan dan kita syukuri, hal tersebut dapat kita jumpai pada sebuah air terjun atau lebih dikenal dengan sebutan 'Coban'.

Pandaan sangat terkenal dengan daerah industri dan mempunyai tingkat perekonomian tertinggi di Kabupaten Pasuruan, Namun tanpa disangka Pandaan juga memiliki potensi wisata yang cukup bagus, Hal terlihat pada Coban Binangun, Tak banyak warga yang tahu tentang keberadaan air terjun ini. Namun patut untuk dijadikan salah satu referensi pariwisata yang dimiliki Pandaan dan Pasuruan.

Coban Binangun merupakan lokasi air terjun terletak di antara dua Desa yang membagi antara Desa Durensewu dan Desa Plintahan, tepatnya di Dusun Binangun dan Dusun Genengan keduanya berada di wilayah Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan.

Akses menuju air terjun ini terbagi menjadi dua, Yang pertama adalah melewati Dusun Binangun dan yang kedua melewati Dusun Genengan tersebut.

Muhammad Sabit Efendy (26), Warga Dusun Binangun mengatakan untuk melewati akses Dusun Binangun adalah dapat melalui jalur Dusun Mlaten kearah selatan, setelah lurus bertemu dengan simpang tiga Dusun Tembong dan Dusun Binangun ke arah kiri menuju pemukiman warga.

Untuk menuju lokasi air terjun tersebut akses Dusun Genengan cukup mudah dilewati, Karena melintas di areal persawahan dengan jalan setapak yang sempit.

Sedangkan jalur yang kedua melewati Dusun Binangun sedikit lebih dekat namun dengan catatan dengan melewati tebing-tebing yang juga memacu adrenalin,

"Untuk menuju air terjun Coban Binangun dapat dilewati pada dua alternatif jalan untuk menuju kesana, Yang pertama melewati Dusun saya di Binangun dan yang kedua melewati Dusun Genengan disebelah timur batas Desa saya, tetapi saya sarankan untuk melewati Dusun Genengan karena aksesnya lebih mudah," terang Sabit kepada Sketsa Pandaan.

Hingga sejauh ini keberadaan air terjun ini menjadikan warga masyarakat penasaran dan ingin berkunjung menikmati keindahan alam yang dimiliki Pandaan.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...