Senin, 06 Juli 2015

28 JUNI DIPERINGATI SEBAGAI HARI CAPS LOCK SE-DUNIA




Pandaan - Tak banyak yang tahu bahwa tanggal 28 Juni adalah merupakan hari yang bersejarah bagi dunia teknologi komunikasi dan informasi. Karena tanggal tersebut diperingati sebagai hari 'Caps Lock' se-Dunia.

Caps Lock yang mempunyai kepanjangan Capitals Lock diartikan sebagai perilaku/aktivitas pengetikan yang dilakukan dengan menggunakan huruf besar, Caps Lock pada keyboard umumnya terletak tepat disebelah kiri tombol "A" atau disebelah kiri rangkaian huruf "ASDF" diantara tombol Tab dan Shift.

Dilihat dari aspek sosial penggunaan huruf Caps Lock menandakan bahwa subyek tersebut sedang marah (emosi) hingga pada akhirnya seorang Billi Mays yang merupakan seorang penjelajah dunia maya yang gemar mengetik menggunakan huruf kapital mendeklarasikan tanggal 28 Juni dan 22 Oktober diperingati sebagai hari Caps Lock se-dunia.

Dalam rangkuman artikel miliknya Billi Mays mengatakan bahwa ia membenarkan dengan menggunakan huruf kapital pada media sosial adalah sesuatu hal yang wajar dan bukan merupakan bentuk kemarahan atau menggambarkan seseorang yang sedang emosi.

Arfiani Ridha Alana (23), Psikolog asal Pandaan juga penggunaan huruf besar yang dilakukan pada media sosial lebih banyak menunjukkan bahwa seseorang sedang emosi atau dengan nada tinggi bagi para pembacanya, Namun hal itu bertentangan dengan seorang Billi Mays dalam penggunaan huruf kapital.

"Saya menganggap bahwa memang penggunaan huruf kapital sangat identik dengan kemarahan, Media sosial memang lebih banyak digunakan orang sebagai salah satu alat komunikasi yang efektif tetapi kadang juga menjadikan orang berperasaan terhadap pengetikan menggunakan Caps Lock pada media sosial," terang Alana kepada Sketsa Pandaan.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...