Senin, 06 Juli 2015

KECOA, HEWAN JOROK YANG MILIKI BANYAK MANFAAT



Pandaan - Kecoa merupakan hewan yang mempunyai warna tubuh yang coklat kehitaman yang dapat berlari dengan gesit sampai sulit ditangkap, serta hidup di tempat-tempat kotor, lembab, dan jorok, membuat tidak sedikit orang menjerit histeris saat melihat hewan itu.

Beberapa ahli lingkungan hidup menyebutkan, Kecoa memiliki peran esensial dalam kelangsungan ekosistem planet dan memiliki manfaat yang begitu besar terhadap lingkungan

Jika populasi kecoa menurun drastis, siklus nitrogen di bumi pun akan terganggu. Kecoa hobi memakan sisa-sisa sampah organik yang banyak mengandung nitrogen. Nitrogen yang masuk ke dalam tubuh kecoa kemudian dilepaskan di tanah dan digunakan untuk pertumbuhan tanaman.

Dengan kata lain, jika kecoa punah kesehatan lingkungan di bumi akan terkena dampaknya. Begitu juga semua spesies yang tinggal di dalamnya, Terdapat 10.000 jenis spesies kecoa yang ada di muka bumi juga menjadi makanan bagi burung dan tikus, yang kemudian menjadi santapan hewan lain, seperti kucing, elang, dan reptil.

Mokhammad Sofyan (27), Ahli Lingkungan SD Al-Munawwar Gempol, Pasuruan mengatakan bahwa tidak dibenarkan dengan membunuh kecoa, Jika kecoa punah akan mengganggu rantai makanan dari hewan lain. Keistimewaan kecoa pun nampak pada kedua antena yang terdapat di kepalanya yang dapat menangkap sinyal musuhnya,

"Jangan sekali-kali kita membunuh kecoa, Kecoa itu merupakan hewan yang sangat istimewa, Ia dibekali antena yang berfungsi untuk menangkap sinyal lawan/musuhnya. Maka dari itu jika kita memukul kecoa maka kecoa tersebut bukan malah lari, Justru malah akan menghampiri kita, Dan yang paling penting adalah jangan sampai membunuh kecoa karena jika kecoa punah nantinya akan menggangu rantai makanan dari hewan yang lain," terang Sofyan kepada Sketsa Pandaan (06/07)

Walaupun lebih banyak masyarakat menganggap kecoa menjadi salah satu binatang yang jorok dan kotor, Fakta-fakta ini juga menunjukkan bahwa kecoa merupakan binatang yang paling mudah berinteraksi dan beradaptasi di berbagai lingkungan.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...