Selasa, 09 Juni 2015

PERESMIAN SAYGON WATER PARK OLEH WAGUB JATIM, HADIRKAN NASI PUNEL TERBESAR DI INDONESIA DAN PECAHKAN MURI



Purwosari - Sebagai warga Negara Indonesia, kita tentu saja tidak perlu mengkhawatirkan lagi tentang tempat wisata, karena memang Indonesia memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi. Seperti halnya Kabupaten Pasuruan.

Kabupaten Pasuruan juga menyimpan banyak tempat wisata menarik. Banyak model-model dan tipe wahana wisata yang wajib dikunjungi disana termasuk terciptanya wahana wisata terbaru yaitu Saygon Waterpark.

Terciptanya wahana wisata ini tidak terlepas dari tangan dingin sosok pengusaha asal Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, H. Roeslan. Berkat dukungan orang-orang terdekatnya akhirnya tempat tersebut tercipta.

Bertempat di Gelanggang Renang Olympic Saygon Waterpark pada Senin, 08 Juni 2015 Grand Opening wahana wisata tersebut diresmikan, Tampak hadir Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Syaifullah Yusuf, Bupati Pasuruan H.M. Irsyad Yusuf, S.E, MMA beserta istri, Wakil Bupati Pasuruan H.M. Riang Kulup Prayuda, Pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Timur beserta jajaran, Pejabat Pemerintah Kabupaten Pasuruan beserta jajaran. K.H. Sholeh Bahrudin Kalam pengasuh Yayasan Darut Taqwa Sengonagung Pasuruan dan Seniman Ludruk yang berasal dari Pasuruan Kartolo beserta keluarga.

Dalam sambutannya H. Roeslan menyampaikan alasan utama dibangunnya wahana wisata Saygon Waterpark adalah menjadikan salah satu tujuan wisata yang dimiliki Kabupaten Pasuruan selain itu juga untuk mengurai arus kemacetan lalu lintas yang yang semakin hari semakin meningkat setiap minggunya bahkan hari libur akibat dari banyaknya orang yang akan menuju lokasi wisata di daerah Malang atau Batu.

"Tujuan dari pembangunan wahana ini tak lain dan tak bukan adalah untuk meningkatkan potensi wisata di Kabupaten Pasuruan, Salin itu juga untuk mengurai arus lalu lintas yang setiap minggunya orang-orang selalu memadati jalanan hanya untuk berlibur ke Malang, Oleh karenanya arus lalu lintas akan diurai disini," terang H. Roeslan dalam sambutannya.

Peresmian wahana wisata ini juga menampilkan 'Nasi Punel Terbesar' di Indonesia dan memecahkan rekor Muri. Nasi Punel tersebut yang memiliki diameter 3,24 meter dengan berat 2 kwintal itu dapat dimakan untuk 1.500 orang yang terdiri dari nasi punel dengan 12 lauk pauk.

Dahlia, Pembuat nasi punel raksasa tersebut mengatakan bahwa ini dalam peresmian wahana wisata ini adalah salah satu momentum yang tepat untuk mengangkat pariwisata di Kabupaten Pasuruan, Karena bicara soal pariwisata memang sangat luas, Diantaranya juga kuliner adalah menjadi salah satu potensi wisata dan rekor nasi punel terbesar itu merupakan yang ke-6980 rekor muri.

"Bicara soal pariwisata tentunya sangat luas, Oleh karenanya Pak Lukas selaku Kepala Badan Promosi Pariwisata (BPPD) Kabupaten Pasuruan mengundang saya untuk mengangkat salah satu produk wisata kuliner yang dimiliki Kabupaten Pasuruan ini melalui nasi punel," terang Dahlia.

Pengasuh Yayasan Darut Taqwa Sengonagung Pasuruan K.H. Sholeh Bahrudin Kalam juga menerima pemberian mesin pesawat terbang dari Boeing 737 seri 400 melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dari Saygon dan sekaligus pemberian uang tunai terhadap anak yatim piatu yang diberikan secara simbolis dalam kesempatan tersebut.

Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Syaifullah Yusuf juga mengatakan bahwa kehadiran wahana wisata ini adalah mendorong potensi UMKM dan IKM yang berkembang di daerah Pucangsari, Purwosari, Pasuruan sekaligus sebagai efek domino positif yang akan menghidupkan perekonomian warga sekitar.

"Efek domino positif di Pucangsari ini nantinya akan terasa, Perkembangan UMKM dan IKM tentunya akan terdorong dan berdampak pada warga sekitar, Saya sebagai putra daerah Purwosari tentunya sangat mengenal dan tahu seluk beluk daerah sini. Saya juga berharap dengan adanya Saygon ini akan menghidupkan perekonomian warga," terang Gus Ipul.

Jalan menuju Saygon Waterpak hingga saat ini akses hanya dapat dilalui 1 mobil, Kedepan harapan dari H. Roeslan selaku General Manager (GM) dari Saygon Waterpark meminta untuk pelebaran akses jalan menuju wisata tersebut sekitar 7 meter kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Sebagai salah satu akses utama untuk menuju tempat wisata tersebut.

"Saya berharap nantinya Gus Ipul dapat merealisasikan gagasan saya ini dengan melakukan pelebaran jalan menuju Saygon, Mengingat jalan untuk menuju kesini hanya dapat dilalui 1 mobil," ujar H. Roeslan.

Di akhir acara para undangan yang hadir juga menikmati sajian hiburan seperti Electone, Kesenian Terbang Laro yang merupakan kesenian asli Kabupaten Pasuruan dari Desa Cendono Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan, Tak lupa juga Paduan Suara dari SMA Negeri 1 Pandaan turut memeriahkan acara tersebut,

Grand opening Saygon Waterpark juga terselenggara berkat kerjasama atas dukungan beberapa instansi yaitu Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD), Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Pasuruan.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...