Minggu, 31 Mei 2015

DINILAI KURANG PRAKTIS, KOREK API KAYU JARANG LAGI DIGUNAKAN


Pandaan - Api merupakan penemuan penting dalam sejarah peradaban manusia. Api menjadi salah satu sumber kehidupan manusia selain udara, tanah, dan air. Banyak sekali usaha yang dilakukan untuk mendapatkan api.

Sejarah mencatat bahwa sejarah penemuan api adalah dengan cara menggesekkan batu dengan sesama batu untuk membuat percik api atau dengan menggesekkan kayu. Tujuan dari pengendalian api beberapa di antaranya adalah untuk penerangan, untuk memasak, untuk membersihkan hutan.

Dan peradaban penggunaan api sendiri berkembang sampai pembuatan korek api, Ada sejumlah korek api dari berbagai merk yang pernah beredar di pasar yang namun saat ini sudah tidak diproduksi lagi karena sudah tidak praktis lagi digunakan dan ada penemuan yang lebih modern dengan menggunakan gas.

Saat ini penggunaan korek api gas yang juga aman dan praktis lebih banyak digunakan dibanding korek api gesek berbahan dasar kayu dan fosfor serta klorat, korek api gesek dari kayu juga tetap dapat bertahan.

Meskipun korek api kayu produksinya jauh lebih murah karena tetapi juga dapat menghasilkan limbah setelah pembakaran, Oleh karenanya penggunaan korek tersebut saat ini dikurangi dan digantikan dengan korek gas.

Ahmad Saiful (29), Pengusaha korek api kayu asal Pandaan mengatakan bahwa saat ini jarang sekali beberapa kios menjual korek api kayu, Faktor yang paling mendasar adalah terlalu ribet penggunaannya dan pasti menghasilkan limbah. Walaupun biayanya lebih murah korek api kayu kini kurang diminati di pasaran.

"Kini penggunaan korek kayu sudah sangat jarang sekali penggunanya, Penggunaan korek gas jauh lebih praktis, Namun masih saja ada beberapa yang masih menggunakan korek api kayu, Biasanya orang tua yang memakai karena tak bisa menggunakan korek gas," ujar Saiful.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...