Sabtu, 31 Oktober 2015

MENGENAL PERBEDAAN HEADSET, HEADPHONE, HANDSFREE, BACKPHONE DAN EARPHONE


Pandaan - Perkembangan teknologi saat ini memang sudah sangat pesat sekali, Tak terkecuali bagi teknologi Smartphone yang menyertakan didalamnya berupa alat pendengar berupa headset, headphone, handsfree, earphone dan backphone yang sudah sangat akrab di telinga. Semua orang pasti sudah sering mendengarnya, tetapi kadang masih sering salah dalam pemahaman istilah-istilah perangkat tersebut.

Yang pertama adalah headset, yaitu perangkat audio yang terdiri dari headphone atau earphone dan microphone yang digabung dalam satu kesatuan. Headset biasanya digunakan untuk berbagai keperluan yang membutuhkan perangkat input audio (microphone) dan perangkat output audio (headphone/earphone). Headset biasanya dihubungkan dengan soundcard pada komputer melalui kabel input dan output audio atau pada jenis-jenis tertentu yang lebih baru menggunakan port USB atau bluetooth. Headset paling cocok digunakan pada saat kita bermain game LAN, Webcam, VoIP dan game online.

Kedua, headphone hampir sama dengan headset, tetapi yang membedakan keduanya adalah headphone tidak dilengkapi dengan microphone.

Ketiga, handsfree merupakan gabungan antara perangkat earphone dan microphone dimana biasanya di dalamnya terdapat fungsi kontrol. Misalnya untuk menjawab panggilan telepon, memulai memutar musik atau yang lainnya sehingga pengguna tidak langsung menyentuh ponsel. Handsfree dapat berupa koneksi dengan menggunakan kabel, bahkan dalam perkembangannya sekarang handsfree dapat dikoneksikan dengan nirkabel (bluetooth) sehingga lebih praktis.

Keempat, backphone pada dasarnya memiliki bentuk yang hampir mirip seperti headset dan headphone. Namun cara penggunaannya dipasang di bagian belakang kepala dan bagian speakernya dikaitkan ke telinga sehingga tidak jatuh. Istilah backphone mungkin jarang terdengar karena memang mirip seperti headphone.

Dan yang terakhir adalah earphone, sebenarnya hampir sama dengan headset dan headphone tetapi earphone menggunakan pengeras suara yang kecil dan penggunaanya dengan cara menyumbatkan ke dalam lubang telinga. earphone memiliki bentuk yang simpel dan sangat mudah dibawa kemana mana. Dapat digunakan untuk hiburan seperti CD, DVD Player, Home Theater, Video Games dan Komputer.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...