Senin, 25 Mei 2015

SKETSA, KOMUNITAS PENGGERAK INFORMASI PANDAAN



Sebagai salah satu bagian dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan, Sketsa Pandaan berfungsi sebagai wahana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam hal penyampaian informasi dan penyalur aspirasi masyarakat Pandaan dan sekitarnya melalui media dan pergerakan yang mempunyai aktivitas pokok berupa :

A. Akses Informasi, yaitu mengakses informasi langsung dari lapangan maupun dari sumber.

B. Diskusi, yaitu setelah mengakses informasi kemudian dilakukan diskusi, tukar menukar informasi, memecahkan suatu permasalahan.

C. Implementasi, yaitu tahapan yang sebelumnya diputuskan akan menerapkan dan mendayagunakan pengetahuan atau informasi yang diperoleh.

Manusia sebagai makhluk sosial tentunya tidak terlepas dari informasi. Informasi sejatinya sangat berguna bagi manusia untuk kelanjutan hidupnya. Karena dengan informasi kita mampu meraih peluang lebih banyak, Muncul kesempatan baru yang layak untuk dicoba.

Berbicara mengenai informasi itu sendiri, harus kita sadari bahwa informasi terbagi menjadi informasi yang positif (bermanfaat) dan informasi yang negatif (tidak memiliki nilai manfaat).

Informasi positif menjadi penting bagi kita untuk mendapatkannya, karena dengan itulah input yang akan masuk ke pikiran kita diharapkan mampu meningkatkan kualitas kehidupan kita sebagai manusia. Namun berbeda halnya dengan informasi yang negatif, harus ada fungsi kontrol yang berarti bagi kita untuk berupaya mencegahnya.

Perkara dalam kehidupan sehari-hari yang sering kita temui adalah cukup banyak dari kita yang terpaksa ketinggalan informasi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, Salah satu yang paling rasional adalah ketika kita tidak mau berusaha untuk mencari dan menggali informasi positif tersebut.

Oleh karenanya, mengingat pentingnya kehadiran informasi bagi kita, maka adalah suatu keharusan bagi kita untuk berupaya sesuai dengan kemampuan untuk mencari dan menggali sebanyak-banyaknya informasi yang positif. Inilah fungsi dan tugas pokok kami dari Sketsa Pandaan sebagai Media Informasi Pandaan.

Penulis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...