Selasa, 12 Mei 2015

SKETSA PANDAAN, LAHIR DARI TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI


Pandaan - Sketsa Pandaan adalah Komunitas Informasi berasal dari Kelurahan Pandaan yang dibina oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pasuruan dibentuk bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Pasuruan yang ke-1085 pada tanggal 18 September 2014 sesuai dengan dasar hukum keterbukaan dalam memperoleh informasi yang semakin hari semakin mengalami desakan cukup signifikan seiring dengan tuntutan diera globalisasi saat ini, sejak disahkannya Undang-undang Nomor 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan secara efektif mulai diberlakukan pada bulan April 2010.

Dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik disebutkan, pada dasarnya setiap informasi publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap pengguna informasi publik, kecuali informasi publik yang dikecualikan sebagaimana tertuang pada pasal 17 Undang-undang nomor 14 tahun 2008, hal ini tentunya sejalan dengan salah satu pilar informasi.

Pengertian Sketsa menurut filosofinya adalah sebuah gambaran kasar dari kacamata kehidupan sekitar kita, ketika kita melihat disitulah kita tulis sebagai informasi yang diteruskan kepada publik. Informasi juga dapat dijadikan suatu pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari sebagai aktualisasi publik tentunya dengan fungsi kontrol dan mematuhi kode etik jurnalistik.

Sketsa Pandaan memiliki beberapa Bidang diantaranya adalah meliputi Bidang Pengumpulan Informasi, Bidang Pengelolaan Informasi, Bidang Penyebarluasan Informasi yang dikelola oleh beberapa pengurus harian.

Peran sebuah media saat ini memang sangat dibutuhkan masyarakat untuk mempercepat akses komunikasi dan informasi dalam menunjang kebutuhan kehidupan sehari-hari. Interaksi sosial dapat dilakukan dengan melihat lingkungan alam sekitar kita, dunia kita dan sekeliling kita. Segala informasi publik pada lingkungan kita yang dapat memberikan manfaat atau banyak potensi yang terkandung di dalamnya kita tuangkan dalam suatu berita yang sekiranya dapat berguna kepada masyarakat.

Ditulis Oleh : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...