Jumat, 29 Mei 2015

KLOROFIL, ORGANISASI PEDULI LINGKUNGAN PANDAAN


Pandaan - Melihat semakin menurunnya kualitas lingkungan hidup di Indonesia, khususnya Kabupaten Pasuruan maka perlu dilakukan suatu pergerakan. Oleh karena itu beberapa pemuda-pemudi Kelurahan Pandaan tergerak untuk berpartisipasi dalam upaya penyelamatan lingkungan hingga terbentuklah komunitas aktivis pecinta lingkungan dengan nama 'Klorofil'.

Secara ilmiah klorofil memiliki arti zat hijau daun dalam tumbuhan yang dibentuk dan beranggotakan beberapa pumuda-pemudi yang memiliki misi memelihara dan menghijaukan lingkungan dari beberapa daerah di Kabupaten Pasuruan terutama wilayah Pandaan.

Kegiatan perdana dari pergerakan ini adalah Pandaan Go Green, yaitu suatu Gerakan Pandaan Bersih dan Bebas Sampah yang bekerja sama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pasuruan dan dibantu oleh Organisasi Pemuda Kemuning (Opek) Sumbersuko, Gempol.

Mokhammad Sofyan (27), Koordinator Pandaan Go Green menyampaikan bahwa sasaran utama kegiatan tersebut yaitu merubah pola pikir masyarakat serta menyadarkan masyarakat akan membuang sampah pada tempatnya, Karena saat ini kesadaran masyarakat sangat kurang terhadap bahaya sampah yang sangat berpotensi merusak lingkungan.

"Sasaran dan tjuan utama kami adalah merubah pola pikir masyarakat serta menyadarkan masyarakat akan membuang sampah pada tempatnya, Karena saat ini kesadaran masyarakat sangat kurang terhadap bahaya sampah yang sangat berpotensi merusak lingkungan," jelas Sofyan kepada Sketsa Pandaan, Rabu (18/05)

Dari total kerusakan alam di muka bumi ini paling besar dihasilkan oleh manusia dan sisanya dari alam itu sendiri. Dengan adanya kegiatan Car Free Day (CFD) yang sangat banyak sekali menyumbang sampah di jalanan Pandaan, Hal itu cukup meresahkan dan mengganggu keindahan jalanan kota.

Diharapkan, nantinya kiprah Klorofil ini tidak berhenti pada Pandaan Go Green saja, Masih banyak kegiatan-kegiatan positif lain yang mampu membawa manfaaat bagi lingkungan hidup dan alam seperti pendidikan lingkungan, dll.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...