Sabtu, 03 Desember 2016

REBOISASI, JADIKAN PANDAAN ASRI DAN SEJUK


Pandaan - Dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup reboisasi dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pasuruan yang berguna untuk menyerap polusi serta debu dari udara, kemudian membangun kembali habitat serta ekosistem alam, juga mencegah pemanasan global dengan cara menangkap udara yang steril.

Saat ini volume kendaraan pun juga sangat banyak memenuhi jalanan raya, Apalagi di Pandaan yang menjadi salah satu barometer perekonomian di Kabupaten Pasuruan. Oleh karenanya dampak dari penggunaan kendaraan bermotor tersebut menyebabkan polusi udara.

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) melakukan penanaman (reboisasi) bibit tanaman yang sangat sejuk dan rindang dalam menetralisir serta mengendalikan asap kendaraan bermotor.

Sya'roni (35), selaku Divisi Hubungan Masyarakat Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kabupaten Pasuruan angkat bicara bahwa dengan upaya reboisasi yang dilakukan pemerintah tersebut adalah langkah yang efektif untuk memerangi polusi udara dalam hal ini adalah asap kendaraan bermotor, Untuk itu penanaman pohon dan tanaman pun dilakukan di Pandaan dan sekitarnya.

"Sangat tepat sekali BLH memberikan penghijauan di Pandaan ini, Seperti kita tahu Pandaan sangat padat sekali dengan kendaraan bermotor, Polusi udara pun terjadi setiap hari. Untuk itu reboisasi ini adalah langkah yang paling efektif disamping Car Free Day yang dilaksanakan 2 minggu sekali, Kami dari FKPL senantiasa mendukung penuh program penghijauan yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan termasuk Pandaan ini." terang Sya'roni, Sabtu (03/12/2016).

Sayangnya kerap kali keberadaan dari pohon serta tanaman yang menghiasi median jalan ini rusak akibat ulah masyarakat yang tak bertanggung jawab ketika digelar beberapa event yang melewati jalan tersebut. Hingga kini upaya-upaya reboisasi ini terus dikaji sampai ditemukan solusinya agar ketika event-event pemerintahan berlangsung masyarakat tidak sampai menginjak-injak pohon dan tanaman tersebut.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...