Kamis, 08 Desember 2016

DUSUN KEBONAGUNG PRIGEN, PESONA KEINDAHAN ALAM PASURUAN





Prigen - Keindahan alam wisata Kecamatan Prigen memang sangat menawan, Terlebih Prigen saat ini menjadi daerah wisata pegunungan unggulan di Kabupaten Pasuruan dengan jargon 'Pasuruan City of Mountain'.

Wilayah geografis Kecamatan Prigen terletak di daerah Pegunungan, Dikelilingi oleh Gunung Arjuno dan Gunung Welirang yang menjadikan daerah ini cocok sebagai tempat peristirahatan atau berlibur.

Sketsa Pasuruan melihat kondisi alam daerah timur geografis Prigen yang lokasinya mirip dengan wisata 'Paralayang' yang berlokasi di Gunung Banyak, Kota Batu. Daerah tersebut adalah Dusun Kebonagung.

Dusun Kebonagung sendiri terletak di Desa Sukolilo, Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan, Daerah ini terletak di ujung selatan perbatasan antara Desa Sukolilo dan Kelurahan Ledug.

Pesona keindahan alam ketinggian, Menjadikan dusun ini nampak indah terlihat dari atas disaat siang ataupun malam hari. Tak heran jika beberapa warga atau masyarakat sekitar juga menamai 'Paralayang Pasuruan'.

Sayifi Rofiq, Warga Dusun Kebonagung menjelaskan bahwa memang daerahnya tersebut masih belum terkespose sampai keluar, Bahkan tidak ada yang tahu jika Dusun Kebonagung ini tak kalah menarik dengan wisata Paralayang yang ada di Batu.

"Saya rekreasi tak perlu jauh-jauh ke Batu mas, di dusun saya sendiri ini kalau malam sudah seperti Paralayang," terang Rofiq, Kamis (08/12/2016).

Kalau dilihat pada malam hari dari ketinggian dusun ini nampak ribuan titik lampu berwarna-warni dari berbagai daerah dapat terlihat dengan sangat mempesona

Mulai dari Pandaan, Gempol, Beji, Sukorejo dll menjadi sajian utamanya berpadu dengan bintang dilangit, bekedip layaknya kunang-kunang tersapu udara. Dan pada pagi harinya dapat menikmati suguhan pesona terbitnya matahari dari ufuk timur.

Inilah salah satu pesona keindahan alam Pasuruan yang menjadi salah satu embrio destinasi wisata pegunungan Prigen, Rofiq berharap nantinya daerah Kebonagung mendapat legalitas oleh sentuhan pemerintah dan dipromosikan menjadi wisata unggulan Pasuruan.

"Semoga pemerintah menjadikan Kebonagung ini menjadi daerah wisata yang diresmikan dan dikelola oleh pemerintah melalui Badan Promosi Pariwisata Daerah mas," jelas Rofiq.

Jurnalis : Mahdi Ramadhan Muzakky (Sketsa Pandaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PANTAU KESEHATAN SUNGAI, FKPL AJAK GURU-GURU TELITI EKOSISTEM DAS KEDUNGLARANGAN DENGAN POLA BIOTILIK

Pandaan - Upaya dalam menjaga dan melestarikan lingkungan terus dilakukan secara berkala oleh Forum Komunikasi Peduli Lingkungan (FKPL) Kab...